iklan banner 960 x 75

Monday, October 6, 2014

Pendapatan Pariwisata Pesisir Selatan Sudah Melampaui Target

REPUBLIKA.CO.ID, PAINAN, SUMBAR -- Realisasi Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor pariwisata Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar), hingga akhir September 2014 mencapai Rp1,4 miliar, melampaui target yang ditetapkan sebesar Rp1,2 miliar.
"Target PAD dari sektor ini pada tahun 2014 sebanyak Rp1,2 miliar, sementara hingga September 2014 sudah mencapai Rp1,4 miliar," kata Kepala Dinas Pemuda Olah Raga Seni Kebudayaan dan Pariwisata Pesisir Selatan, Gunawan, di Painan, Senin.
Menurut Gunawan, realisasi PAD pariwisata yang melebihi target tersebut didominasi dari penjualan tiket
masuk ke sejumlah objek pariwisata terutama objek wisata Pantai Carocok, Painan yang mengkontribusi hingga 95 persen terhadap total pendapatan.
Dikatakan lebih lanjut, bahwa awalnya Pemerintah Kabupaten setempat menargetkan PAD dari sektor tersebut hanya Rp600 juta, namun pada pertengahan tahun 2014 target tersebut dinaikkan menjadi Rp1,2 miliar.
Untuk mencapai target tersebut, Pemkab melakukan berbagai upaya untuk menggaet para wisatawan agar berkunjung dan betah berada di objek wisata yang ada dengan meningkatkan pelayanan, serta membangun sarana dan prasarang wisata.
Khusus objek wisata Pantai Carocok Painan, Pemkab mempercepat penyelesaian pengerjaan pembangunan areal parkir kendaraan bermotor, pelebaran ruas jalan menuju dan ke luar kawasan wisata.
Objek wisata yang terletak sekitar 75 kilometer dari Kota Padang itu, di saaat hari libur rata-rata dikunjungi 5.000-7.000 orang baik wisatawan lokal maupun wisawatan dari luar propinsi.
Sejak tiga tahun terakhir, salah satu fokus Pemkab adalah membangun objek wisata Pantai Carocok Painan karena dinilai mampu memberikan kontribusi tinggi terhadap peningkatan PAD.
"Selain berkontribusi terhadap PAD, peningkatan pengunjung ke objek-objek wisata juga dapat mendorong perekonomian masyarakat sekitar," katanya.

0 comments:

Post a Comment