iklan banner 960 x 75

Tuesday, October 7, 2014

Isu Kemerdekaan Katalunya, Fabregas Angkat Bicara

MADRID – Isu soal kemerdekaan Katalunya yang ingin merdeka dari Spanyol semakin santer terdengar hingga saat ini. Terkait hal tersebut, pemain Chelsea yang berasal dari Spanyol ikut angkat bicara.

Adalah Francesc Fabregas yang mengemukakan pendapatnya. Ia merasa sebagai orang Katalunya, namun mendukung Spanyol. Gelandang berusia 27 tahun itu pun tak ingin menggabungkan antara sepakbola dan politik.

“Saya merasa orang Katalunya, tapi saya orang Spanyol, meskipun saya paham mengenai isu tersebut. Terlebih negara ini suka membicarakannya. Ada pemain yang merasa Katalunya atau Basque, namun di olahraga kami semua orang Spanyol dan nyaman bermain di Timnas,” ucap Fabregas kepada Marca, Selasa (7/10/2014)

“Kami tak berpikir menjadi orang Katalunya di waktu bersamaan, karena menggabungkan olahraga dan politik sangat buruk. Saya merasa orang Katalunya, namun jika Anda lihat paspor saya, saya orang Spanyol. Saya bangga bermain untuk negara,” sambungnya.

Referendum mengenai kemerdekaan Spanyol dan Katalunya pun akan segera dilakukan. Masyarakat dapat memilih sesuai dengan keinginan hatinya, untuk Katalunya memerdekakan diri atau bergabung dengan Spanyol.

“Kata hati saya sudah menggambarkan siapa saya dan apa yang saya inginkan. Saya pikir orang-orang harus memilih dan bebas untuk menunjukkan apa yang mereka pikirkan. Jika ini yang mereka inginkan, mereka seharusnya dapat melakukannya karena tidak ruginya. Ini seperti apa yang terjadi di Skotlandia, dan orang-orang seharusnya mampu memutuskan sesukanya,” papar Fabregas.

www.arcanusantara.com

0 comments:

Post a Comment