iklan banner 960 x 75

Monday, October 6, 2014

Anak Anda Mirip Mantan Pacar? Ini Penyebabnya

TEMPO.COLondon - Orang tua yang baru punya anak, biasa membahas wajah buah hati mereka. Mereka menebak, mirip siapa hidung si bayi, apakah ibu, bapak, atau pamannya? Tapi pernahkah Anda mendengar, si bayi disebut mirip wajah mantan kekasih ibunya?

Penelitian terbaru, kata penulis harian Inggris The Guardian, Daisy Buchanan, ternyata menyebut kemungkinan itu bisa terjadi. Menurut peneliti dari Universitas South of Wales, wajah seorang bayi mungkin saja menyerupai bekas kekasih ibunya. 

Riset itu berdasar hasil pengamatan terhadap trait fisik lalat buah. Ternyata, ukuran bagian tubuh tertentu lalat buah cocok dengan lalat jantan yang pernah berhubungan seks dengan ibunya, bukan ayah biologisnya. 

Hal itu menunjukkan, molekul pembentuk jaringannya diproduksi semen dari lalat buah jantan yang bukan bapak kandungnya. Semen itu diserap oleh sel telur lalat buah betina yang belum masak. "Kami belum tahu apakah teori ini berlaku untuk spesies lain," kata peneliti, Angela Crean.

Kemungkinan hasil penelitian itu berlaku pada manusia, dianggap Buchanan mengerikan. Sebab kebanyakan orang tak ingin mantan kekasihnya hadir dalam "versi mini". "Ide itu lebih mengerikan dibanding soal alien mana pun," katanya.

Menurut Buchanan, kebanyakan perempuan bakal merasa bersalah tentang fakta bahwa anak mereka membawa sisa masa lalu. Tapi bagaimanapun, bila hipotesis tersebut betul, itu bukan kabar yang sepenuhnya buruk. Karena bagaimanapun, kata Buchanan, mantan kekasih adalah orang yang pernah berarti penting bagi Anda.

"Bila anak Anda nantinya punya sifat mirip mantan pacar, itu mungkin menunjukkan apa yang Anda perbuat di masa lalu, diingat oleh alam," ujar Buchanan. Yang terpenting, menurut Buchanan, adalah bagaimana mengajarkan kebaikan pada si anak. (Baca juga: Isap Jempol Turunkan Kecerdasan Anak?)

0 comments:

Post a Comment