iklan banner 960 x 75

Monday, May 5, 2014

5 Penyebab Sepele Anda Sulit Tidur yang Bisa Berujung Insomnia


Jakarta - Sulit tidur di malam hari bisa mengganggu kesehatan tubuh secara keseluruhan. Jika kesulitan tidur tidak segera diatasi maka bisa berakibat Anda mengidap insomnia. Sebenarnya, apa yang membuat orang susah tidur terlelap? Hal-hal yang terbilang sepele saja ternyata bisa membuat kualitas tidur terganggu. Ini enam penyebabnya, yang Wolipop rangkum dari berbagai sumber.

1. Salah Pilih Tirai Jendela

Jika tirai jendela terlalu pendek atau transparan, cahaya lampu dari luar akan masuk ke kamar tidur dan menyebabkan produksi melatonin dalam tubuh terganggu. Melatonin adalah hormon yang krusial dalam membuat Anda mengantuk dan tertidur. Ganti tirai dengan material yang lebih tebal dan gelap agar cahaya tidak masuk.

2. Kebiasaan Memasang Alarm karena Takut Bangun Kesiangan

 
Memasang alarm memang akan membantu Anda untuk bangun tepat pada waktunya. Tapi itu hanya akan membuat lebih sulit tidur, karena memasang alarm akan membuat Anda untuk selalu mengecek waktu. Sudah cukupkah aku tidur? Berapa lama aku terlelap tadi? Apakah alarm-nya berfungsi? Hal-hal seperti itu akan membuat Anda lebih sulit relaks dan tertidur. Sebaiknya percayakan pada siklus tidur tubuh Anda. Apabila pola hidup sehat sudah dijalani, otomatis Anda akan mudah tertidur dan bangun dengan tubuh segar di keesokan paginya.

3. Hobi Nonton Film Thriller atau Horror

 
Ada beberapa orang yang baru bisa tidur sambil nonton TV. Jika itu juga Anda alami, tontonlah film-film bertema mellow dan alur ceritanya lambat seperti melodrama. Hindari film dan serial horror, thriller atau suspense seperti 'Walking Dead', 'True Blood', dan sejenisnya. Menurut Michael Breus, PhD, penulis 'The Sleep Doctor's Diet Plan', menonton sesuatu yang memicu adrenalin lebih dari 30 menit sebelum tidur akan membuat Anda sulit terlelap, meskipun acaranya sudah selesai.

4. Kamar Terlalu Panas/Dingin

 
Jika suhu ruangan terlalu panas atau dingin, tubuh akan memerintahkan Anda untuk waspada dengan tetap terjaga. Temperatur ruangan yang ideal untuk bisa tidur nyenyak adalah 19 - 24 derajat Celcius. Namun bisa berbeda-beda tergantung tingkat kenyamanan individu. Pilihlah sprei dan selimut dari bahan katun agar terjadi sirkulasi udara dan menjaga suhu tetap nyaman saat tubuh Anda di bawah selimut. Jika ada kecenderungan suhu tubuh Anda suka naik saat tidur, kenakan piyama yang mudah menyerap dan mengeringkan keringat agar terasa tetap sejuk sepanjang malam.

5. Dinding Kamar Terlalu Mencolok

 
Dinding kamar berwarna oranye terang atau biru elektrik bukan pilihan tepat jika Anda ingin cepat tidur. Sebaiknya gunakan warna yang lembut, sejuk atau netral yang secara alami menenangkan sistem syaraf. Warna-warna mencolok gunanya untuk membuat Anda semangat dan berenergi. Jadi jika Anda dikelilingi warna merah, oranye, atau warna biru tertentu, Anda akan sulit tidur.

ar


Artikel Wolipop juga bisa dibaca melalui aplikasi Wolipop AndroidiPhone. Install sekarang!

0 comments:

Post a Comment