iklan banner 960 x 75

Tuesday, May 20, 2014

Pria bertubuh pendek bisa hidup lebih lama

 Kamis, 15 Mei 2014 18:00 WIB | 4030 Views

Jakarta (ANTARA News) - Hasil studi terbaru menunjukkan hubungan langsung antara pria bertubuh pendek dan kehidupan yang lebih panjang di antara pria-pria keturunan Jepang.

Para peneliti dari Kuakini Honolulu Heart Program (HHP) dan Kuakini Honolulu-Asia Aging Study (HAAS) memulai riset untuk melihat hubungan itu tahun 1965 dengan melibatkan 8.006 orang Amerika keturunan Jepang yang lahir antara tahun 1900 dan 1919.

Para peneliti membagi para pria ini dalam dua kelompok berdasarkan tinggi badannya, yakni mereka yang tingginya 5,2 kaki (157 cm) dan 5,4 kaki (162 cm).

Dalam studi ini, para peneliti dari Kuakini Medical Center, John A. Burns School of Medicine (JABSOM) dan U.S. Veterans Affairs memantau gaya hidup dan kondisi kesehatan ribuan pria ini selama 50 tahun.

"Orang-orang yang tingginya 5,2 kaki dan lebih pendek dari itu hidup paling lama. Rentangnya terlihat dari yang setinggi lima kaki sampai enam kaki.  Semakin tinggi Anda maka semakin pendek hidup Anda," kata  Dr. Bradley Willcox, salah satu peneliti yang melakukan studi itu, dan profesor di JABSOM University of Hawai'i seperti dilansir laman resmi Universy of Hawai'i.

Para peneliti menunjukkan bahwa pria yang bertubuh lebih pendek cenderung memiliki bentuk pelindung dari gen umur panjang yang disebut FOXO3, yang membuat tubuh berukuran lebih kecil pada awal perkembangan dan memperlama usia.

Pria yang bertubuh lebih pendek juga lebih mungkin memiliki kadar insulin darah lebih rendah dan risiko kanker yang lebih kecil, demikian menurut hasil penelitian yang dipublikasikan di jurnal PLOS ONE.

"Studi ini menunjukkan untuk pertama kalinya bahwa ukuran tubuh terkait dengan gen ini," kata Dr. Willcox.

"Kami sudah tahu mengetahuinya dari model penuaan hewan, namun kami belum mengetahui itu pada manusia. Versi yang sama atau sedikit berbeda soal gen ini ditemukan pada tikus, cacing gelang, lalat, bahkan ragi," jelasnya.

Dr. Willcox menekankan bahwa tidak ada ketinggian spesifik atau rentang usia tertentu yang menjadi target dalam studi ini, karena "berapapun tinggi badan Anda, Anda masih bisa menjalani gaya hidup sehat untuk mengimbangi keberadaan genotip FOXO3."

Para peneliti memantau gaya hidup dan kondisi kesehatan semua pria yang terlibat dalam penelitian itu selama hampir 50 tahun.

Sekitar 1.200 pria yang terlibat dalam studi ini hidup hingga usia 90-100 tahun dan sekitar 250 dari mereka masih hidup hingga saat ini. 


Penerjemah: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Maryati
COPYRIGHT © 2014
Ikuti berita terkini di handphone anda di arcanusantara.com

0 comments:

Post a Comment