iklan banner 960 x 75

Thursday, May 22, 2014

Berlian Biru Terbesar di Dunia Dilelang Mulai Rp 286,2 Miliar

Ekonomi · 15 Mei 2014 21:23

Liputan6.com, New York - Berlian biru terbesar di dunia, The Blue kini siap diperjualbelikan di rumah lelang Christie, New York dengan tawaran harga mulai dari US$ 25 juta atau Rp 286,2 miliar (kurs: Rp 11.447/US$). Nantinya, berlian tersebut diprediksi dapat terjual dengan nilai di atas US$ 80 juta atau Rp 915,7 miliar.
Seperti dikutip dari CNBC, Kamis (15/5/2014), batu permana seberat 13,22 karat ini merupakan berlian biru berwarna terang terbesar di dunia. Pekan ini, berlian tersebut akan mulai dilelang dengan kisaran harga awal antara US$ 21 juta hingga US$ 25 juta.
"Sangat sulit menemukan berlian biru dibandingkan berlian berwarna putih dalam ukuran berapapun. Untuk menemukan berlian berwarna yang memiliki kemulusan sempurna, tak ada cacat sedikitpun. Itulah yang menambah nilai kelangkaannya," ungkap manajemen Christie.
Selain itu, intensitas warnanya yang biru berkilau juga merupakan yang terkuat di dunia. Penjualannya diprediksi dapat melampaui penjualan Magnificient Jewels yang bernilai US$ 80 juta saat dilelang di Hotel Four Seasons, Jenewa.
Sebelumnya, berlian berwarna biru dan hijau terbesar di dunia, The Ocean Dream seberat 5,5 karat juga diumumkan akan hadir di pelelangan tersebut. Melihat ukuran, keaslian, dan paduan warnanya, berlian tersebut dapat ditawarkan dengan harga awal senilai US$ 9,5 juta.
Tahun lalu, rumah lelang yang sama berhasil menjual berlian serupa berwarna jingga. Berlian bernama `The Orange` itu berhasi terjual dengan harga US$ 35,5 juta atau Rp 406,3 miliar.
`The Orange` berhasil mencetak rekor dunia sebagai berlian berwarna jingga termahal yang pernah terjual. Tak hanya itu, berlian tersebut merupakan perhiasan termahal jika dilihat dari harga per karatnya senilai US$ 2,4 juta.
Rumah lelang, Sotheby juga berhasil menjual berlian berwarna merah muda, `Pink Star`seharga US$ 83 juta dari tawaran pertama senilai US$ 23 juta. (Sis/Ndw)
Credits: Nurseffi Dwi Wahyuni

TAGS
SHARE
COMMENTS

0 comments:

Post a Comment